Senin, 08 Oktober 2012

BIOGRAFI BONDAN PRAKOSO


Bondan Prakoso

Nama                    : Bondan Prakoso
Tangga Lahir      : 8 Mei 1984
Nama orang tua  : Sisco Batara dan Lili Yulianingsih (anak kedua dari tiga bersaudara)
Sekolah                 : Sastra Belanda Universitas Indonesia (D3)
Karier                  :
1. Penyanyi cilik (tahun 80-an sampai 90-an)
2. Membentuk  Band Funky Kopral tahun 1999-2002 (bassist dan merilis 3 buah album)
Album keduanya diganjar penghargaan AMI Sharp Awards 2001 kategori Group Alternatif  Terbaik.
3. Pada awal tahun 2002, Bondan Prakoso yang juga dikenal oleh publik sebagai pemain bass berbakat besar, yang juga mantan pemain bass di sebuah band bernama Stream Funk Funky Kopral, dan Tito alias Titz yang dikenal sebagai rapper dan kelompok disebut Fade2Black. Pasangan ini kampus 2 dari Fakultas Budaya dan Humaniora, deepin 'dalam literatur Belanda, adalah Perguruan Tinggi teman di Universitas Indonesia, Depok.

a.    Ditahun 2003, Funky Kopral album ketiga kolaborasi bersama Setiawan Djodi dengan hits singel Tokek dan diganjar penghargaan AMI Sharp Awards kategori Kolaborasi Rock Terbaik. Setelah album ketiga dirilis, ia mengundurkan diri dari Funky Kopral, Bondan Prakoso memutuskan untuk melangkah lebih jauh , setelah pensiun dari Funky Kopral.
b.   Pada tahun 2004 Bondan menggabungkan berbagai jenis musik dan menggabungkan mereka dalam paket baru musik, seperti pada pertengahan tahun, ia telah meminta Titz untuk bergabung dalam proyek musik. Situasi ini semakin varietas lebih banyak dan lebih berwarna sebagai Bondan disetujui untuk melibatkan grup ini Hiphop dari Bogor, Fade2Black, dalam proyek ini. Alih-alih hanya 1 rapper, proyek musik ini menggabungkan 3 rapper, Titz, Santoz dan Lezzano. Bondan & Fade2Black di tahun 2004, mereka mulai melangkah lebih jauh dengan proyek ini dan berbagai jenis musik sedikit pun diciptakan sentuhan rap, rock, funk sebagai elemen.

c.    Bondan Prakoso bertanggung jawab untuk instrumen musik, looping, dan mengatur, sedangkann Fade2Black mendapatkan lebih dekat dengan liriknya. Proses ini hanya membutuhkan waktu 4 bulan dan pada bulan Agustus 2005, album I mereka dengan “RESPECT” dirilis di bawah SONY BMG Music Indonesia. Sejak saat itu, album yang dirilis tidak hanya 1 jenis musik, tapi banyak jenis musik.

Mereka berhasil mendapat penghargaan seperti :
-     MTV Indonesia artis Eksklusif  (November 2005) .
-     MTV Advance Peringatan penghargaan pada (November 2005) .
-     Penghargaan Musik Indonesia (AMI) 2006, sebagai produksi album Rap terbaik.

d.   Pada tahun 2008 mereka kebali merilis album berjudul “UNITY” , dan terobosan hit single “Keroncong Protol” . Dan kembali dapat memenangkan AWARD 2008 Musik Indonesia (AMI) untuk kedua kalinya berturut- turut Produksi Rap album terbaik.

e.    17 Desember 2007, Bondan menikahi kekasihnya Margareth (Margie) bertempat tinggal di Restoran Cibintung, Ciputat, Tangerang, dengan mas kawin berupa seperangkat alat sholat dan 17 gr emas. Dan dikaruniai seorang putri bernama Kara Anabelle Prakoso.

f.     Tahun 2010, mereka kembali dengan album ke-3 “FOR ALL”.
Menekan kembali industri musik lokal dengan single ‘Ya Sudahlah’ .








Tidak ada komentar:

Posting Komentar